Monday, November 12, 2012

9th #IdiotMove: "Sorry in 140 characters"

Malem ini gue mau menulis. Gue menulis di blog gue, setelah beberapa bulan ga pernah gue tulis. Sebelumnya gue minta maaf kalo tulisan gue kali ini menyinggung seseorang ataupun orang lain. Tapi seseorang ataupun orang lain itu sebenernya punya makna sama.
Ya kali ini gue bakal mengupas tentang arti di balik kata "maaf"! Maaf, minta maaf, memaafkan.  Kata-kata yang identik dengan kata salah, menyalahkan dan dipersalahkan. Kata-kata yang mungkin buat beberapa orang merupakan senjata pamungkas untuk melebur rasa bersalahnya, ataupun untuk meng-clear-kan sebuah masalah.

Berikut ini merupakan kutipan-kutipan yang gue ambil dari account twitter gue sendiri:
  1. "Meminta maaf dan memberikan maaf kepada orang lain merupakan suatu perbuatan mulia."
  2. "Seseorang yg mau mengakui kesalahan dan meminta maaf adalah seorang ksatria. Meskipun kata maaf kadang bukan merupakan problem solver."
  3. "Sedangkan seseorang yg memberi maaf merupakan orang yg berjiwa besar. Pendendam jg manusiawi, tp memberi maaf membuat seseorang  mnjd besar."
  4. "Besar dalam artian yg luas, berjiwa besar. Susah lho memaafkan orang yg berbuat salah kpd kita. In fact."
  5. "Negara manapun, kepercayaan dan agama apapun jg mengajarkan saling memaafkan kpd sesama. Minta maaf bukan berarti kalah ataupun mengalah."
  6. "Maaf jg bkn alasan untuk melakukan kesalahan. Bukan jg alat yg paling vital untuk kita dgn gampang mengucapkan kata tsb disetiap kesalahan."
  7. "Maaf bisa jadi boomerang in every our fault. Pada hakikatnya maaf berarti 'pembebasan seseorang dari hukuman karena suatu kesalahan' (KBBI)."
  8. "Maaf tanpa memperbaiki kesalahan yg diperbuat = 0 BESAR. Enak dong yg korup, dgn minta maaf bisa membebaskan kesalahannya kpd org banyak."
  9. "Ya gitulah kira-kira deskripsi kata 'maaf' yg sebenernya simple, tp situasional. Maap-maap nih yee kalo eike banyak salah :p"



Mungkin dari gue segitu doang, maaf dalam konotasi yg sesakral antar/ atau sesama manusia.Terus kalo arti kata maaf dalam konteks kita sebagai manusia kpd Tuhan kita?
Mungkin teman-teman bisa menjawabnya, menurut kepercayaan dan konsep lo masing-masing. Ketemu lagi di #IdiotMove next vacation! :)))

No comments:

Post a Comment